INFO VIRUS CORONA

Buah Kesemek dapat menyembuhkan beberapa penyakit


Kesemek adalah nama sejenis buah-buahan dari marga Diospyros. Tanaman ini dikenal pula dengan sebutan buah kaki, atau dalam bahasa Inggris dinamai Oriental (Chinese/Japanese) persimmon. Nama ilmiahnya adalah Diospyros kaki. (‘Kaki’, bahasa Jepang, adalah nama zat tanin yang dihasilkan buah ini).

Pohon kesemek berukuran kecil sampai sedang, 15 m atau kurang, dioesis (dioecious, berumah dua) dan kadang-kadang monoesis, berbatang pendek dan bengkok-bengkok, banyak cabang, serta menggugurkan daun.

Daun dalam dua deret, tersusun berseling, bertangkai pendek lk. 3 cm, bundar, bundar telur sampai jorong, 2,5-15 × 5-25 cm, hijau kuning berkilap.

7 Manfaat Unik Buah Kesemek

1. Menyehatkan mata
Buah kesemek banyak mengandung vitamin A yang tentu saja bermanfaat untuk menjaga mata supaya tetap sehat. Selain itu kesemek juga dapat diandalkan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada retina, mencegah katarak, dan mampu memperkuat penglihatan Anda.

2. Menurunkan berat badan
Mengonsumsi buah kesemek dapat membantu menurunkan berat badan karena buah yang satu ini kaya akan serat. Biasanya, buah yang banyak mengandung serat akan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama sehingga hal ini dapat menahan Anda supaya tidak mudah lapar. Disamping itu, buah kesemek juga akan membantu Anda untuk mengurangi keinginan mengonsumsi makan makanan yang manis.

3. Meningkatkan sistem pencernaan
Serat yang terkandung pada buah kesemek juga tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan, melainkan serat juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan bagus untuk mencegah sembelit. Buah kesemek juga kaya akan tanin yang bermanfaat untuk melindungi usus sekaligus mencegah diare.

4. Meningkatkan sistem metabolisme
Bila Anda mempunyai keluhan dengan sistem metabolisme tubuh, maka buah kesemek bisa membantu mengatasi masalah Anda. Hal ini bisa terjadi karena kandungan vitamin B pada buah kesemek akan membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Sehingga hal tersebut akan berdampak pula terhadap peningkatan energi serta efisiensi keseluruhan fungsi tubuh.

5. Menurunkan tekanan darah
Didalam buah kesemek tersimpan mineral dan kalsium dalam jumlah yang cukup besar. Kedua nutrisi tersebut bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah sekaligus menyehatkan organ jantung.

6. Meningkatkan sistem imun
Makan buah kesemek ternyata memberikan pengaruh yang luar biasa terhadap sistem kekebalan tubuh Anda. Mengonsumsi kesemek akan meningkatkan sistem imun sehingga tidak mudah untuk terserang penyakit seperti flu dan batuk.

7. Membuat awet muda
Untuk terlihat awet muda, Anda tidak selamanya harus mengeluarkan biaya selangit. Buah kesemek juga mempunyai sejumlah nutrisi penting yang bermanfaat dalam mengurangi terjadinya kerusakan sel tubuh dan juga menghambat terjadinya proses penuaan dini.