INFO VIRUS CORONA

AS Tekan RI Beli Jet Sukhoi? Dubes Rusia: Itu Rahasia Umum

Foto: Pesawat Sukhoi SU-35. (AP Photo/Francois Mori)

Jakarta, Pikiran Sehat -
Dubes Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva buka suara soal alotnya rencana pembelian Indonesia terhadap jet tempur Sukhoi Su-35 milik Rusia. Ia juga menanggapi anggapan bahwa ada tekanan AS saat Indonesia akan membeli jet tempur Rusia.

"Sebenarnya itu adalah rahasia umum, bahwa AS menerapkan banyak tekanan bagi negara-negara yang ingin membeli perlengkapan pertahanan dari Rusia," kata Lyudmila saat ditanya soal anggapan Indonesia banyak dapat tekanan dari AS, Rabu (20/2).


Ia mengatakan cara-cara menekan negara lain adalah cara berkompetisi yang tidak adil. Lyudmila bilang AS ingin mempromosikan produk perlengkapan pertahanan mereka sendiri. "Tapi sebenarnya itu tidak mencegah banyak negara di dunia untuk membeli perlengkapan pertahanan Rusia," katanya.

"Kami menjual banyak pesawat, tank, pertahanan udara, anti-missile air defence system ke negara luar termasuk Turki, Vietnam, India, dan lainnya," katanya.
Baca juga:Kemudahan Bisnis RI No 73, Jokowi Minta ke 40, Bisa?
Jauh sebelumnya, pada Selasa (28/1/2020), Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bertemu dengan Menhan Rusia Sergey Shoygu di Moskow, Rusia.

Dalam pertemuan tersebut, keduanya tidak hanya membahas tentang kerja sama bilateral antara dua negara, namun juga ada pembahasan terkait rencana pembelian Sukhoi.

Rencananya Prabowo akan membeli 11 jet tempur Sukhoi Su-35 senilai US$ 1,14 miliar (Rp 15,57 triliun dengan asumsi kurs Rp 13,658.26). Demikian diungkapkan oleh Duta Besar RI untuk Rusia Wahid Supriyadi seperti dilaporkan CNN Indonesia, Rabu (29/1/2020).


Melansir situs Military-Today, jenis Sukhoi Su-35 termasuk dalam sepuluh pesawat tempur terbaik dunia.

Pesawat tempur dengan panjang sayap 15,3 meter ini merupakan pesawat tempur multifungsi yang dapat menjelajah langit dengan kecepatan melebihi kecepatan suara atau supersonic.
Baca juga:Tim Pemburu Aset Luar Negeri Kasus Jiwasraya Belum Gerak
Dalam keterangan situs tersebut, Sukhoi Su-35 mampu terbang dengan kecepatan maksimum hingga 2.390 km/jam. Sebagai pesawat tempur, Sukhoi Su-35 juga dilengkapi dengan berbagai armor.

Sukhoi Su-35 memiliki kanon dengan dimensi 1 x 30 mm dengan 150 amunisi. Pesawat ini juga dilengkapi dengan berbagai jenis misil seperti R-27ER, E-27ET, R-73, Kh-29T, Kh-31P, Kh-59M, Kh-35U. Dan terakhir, pesawat ini juga dapat mengangkut berbagai jenis bom jatuh bebas.