INFO VIRUS CORONA

TNI Angkut Alat Kesehatan Corona dari China, Mahfud Md: Mengharukan

Menko Polhukam Mahfud Md (Foto: Grandyos Zafna)

Pikiransehat.com
, Jakarta - TNI Angkatan Udara memberangkatkan pesawat angkut berat C130 Hercules ke Shanghai, China untuk mengangkut logistik kesehatan penanganan virus Corona (COVID-19) di Indonesia. Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menyebut itu sebuah tugas yang mengharukan.

"TNI AU memberangkatkan 2 pesawat untuk membeli obat Corona ke negeri seberang. Mengharukan," kata Mahfud dalam twitter peribadinya seperti dilihat detikcom, Minggu (22/3/2020).

Bukan tanpa alasan Mahfud menyebut itu tugas yang mengharukan. Menurutnya, di saat rakyat Indonesia diminta pemerintah untuk tidak melakukan aktivitas di luar rumah, sedangkan personel TNI itu diminta pergi jauh dari rumah untuk mencari obat Corona.
Baca juga:Sebut Barang dari China Kena Corona, RRC Geram: Setop Pakai Produk Kami!
"Demi kebaikan, mari kompak, bersama mengikuti arahan pemerintah untuk social distancing," katanya.

Seperti diketahui, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto telah memerintahkan KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna untuk memberangkatkan pesawat angkut berat C130 Hercules ke Shanghai, China. Pesawat Hercules akan mengangkut logistik kesehatan penanganan virus Corona (COVID-19).

Dari keterangan yang disampaikan Dinas Penerangan AU, TNI AU telah memberangkatkan satu unit pesawat C130 Hercules dari Skadron Udara 32 Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Sabtu (21/3/2020). Hal tersebut menindaklanjuti surat permohonan yang diajukan Menhan Prabowo Subianto.

Pesawat dengan nomor registrasi A-1333 yang dipiloti Komandan Skadron Udara 32 Letkol (Pnb) Suryo, lepas landas dari Lanud Abdulrachman Saleh pukul 06.55 WIB menuju Lanud RSA di Ranai Natuna. Setelah pengisian bahan bakar, pesawat take off pukul 11.40 WIB dari Ranai melanjutkan penerbangan menuju China. (DETIK)