INFO VIRUS CORONA

Bingung Bedakan Mana Daging Sapi dan Daging Celeng? Nih, Tips dari Dokter Hewan

Tips Membedakan Daging Sapi dan Babi 

PikiranSehat.com, PURWAKARTA - Dinas Perikanan dan Peternakan Purwakarta telah memastikan delapan pasar tak ditemukan peredaran daging celeng menjelang lebaran.

Kasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Hewan pada Diskanak Purwakarta, Wini Karmila memberikan tips-tips untuk menghindari dari peredaran daging celeng atau babi.

"Perbedaan daging babi secara warna lebih pucat dari daging sapi. Lalu, dari teksturnya itu daging babi seratnya lembut sedangkan daging sapi lebih kasar. Baunya pun lebih anyir daging babi itu," ujarnya di Kantor Diskanak Purwakarta, Jumat (15/5/2020).
Baca juga:Punya Ibu yang Awet Muda, Pria Ini Dikira Foto Bareng Pacarnya
Wini pun menyarankan warga masyarakat membeli daging di kios-kios yang memang terbiasa berjualan di pasar bukan musiman.

Selain itu, hal yang perlu diperhatikan ialah kata Wini daging yang berasal dari rumah pemotongan hewan.

"Kami sarankan pilih yang ada jongkonya dan pedagangnya terbiasa berjualan daging sapi. Memang agak susah ketika daging sapi itu sudah tercampur daging babi," ucapnya yang juga seorang dokter hewan.

Kabupaten Purwakarta memiliki 10 rumah pemotongan hewan (RPH) dengan pemotongan dilakukan setiap hari.

Pihaknya pun senantiasa lakukan monitoring dengan dimulai sebelum puasa hingga nanti H-3 lebaran.

"Kami antisipasi jelang mendekati lebaran. Kami juga periksa daging-daging beku yang berada di dalam box yang berasal dari Cikampek, Karawang dengan meminta surat keterangan kesehatan hewan (SKH). Senin (18/5/2020) kami akan ke giant dan Yogya untuk lakukan pemeriksaan," ujarnya.