INFO VIRUS CORONA

Pemerintah Klaim Virus Corona Sudah Mulai Dapat Dikendalikan

Achmad Yurianto. Foto: Dok. BNPB

PikiranSehat.com - Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengklaim virus corona sudah bisa mulai dikendalikan. Yuri menyebut, kunci dari penanganan virus corona ini adalah kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan pembatasan dan protokol kesehatan.

Kasus ini sudah mulai bisa kita kendalikan dan kehidupan kita sudah mulai menjadi lebih baik lagi. Pembatasan-pembatasan sudah mulai dikurangi. Komitmennya ada di kita," kata Yuri dalam keterangannya, Selasa (5/5).
Baca juga:Jadi Buronan Polisi, Jika Tahu Keberadaan Ferdian Paleka Lapor ke Nomor Ini
"Kita bersama-sama harus bisa menjalankan ini, kalau kita menginginkan pada bulan Juni pada bulan Juli kasus ini bisa kita dikendalikan," imbuhnya.

Ia menegaskan, pengendalian COVID-19 tidak bisa dilakukan oleh sebagian masyarakat saja. Ia berharap, jika semua masyarakat kompak, di Bulan Agustus seluruh kegiatan bisa berjalan normal kembali dengan kebiasaan yang lebih baik.

"Sudah bisa menjadi kondisi normal yang baru, dalam artian, bahwa kita sudah memiliki kehidupan yang berdisiplin. Disiplin untuk mencuci tangan, misalnya, disiplin untuk mengikuti pola hidup bersih dan sehat," tuturnya.

Dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, kata Yuri, masyarakat bisa menyelamatkan diri sendiri, keluarga, tetangga, dan bangsa Indonesia. Asalkan, sekali lagi, semua kelompok bisa kompak.

"Kita yakin bisa. Kuncinya adalah kita harus bersama dan bergotong royong," pungkasnya.
Hingga Selasa (5/5) pukul 12.00 WIB, jumlah pasien positif virus corona di Indonesia sudah mencapai 12.071 orang. Dari jumlah tersebut, 2.197 orang dinyatakan sembuh dan 972 orang lainnya meninggal dunia.