INFO VIRUS CORONA

Razia Pemudik di Jakut, Petugas Temukan Mobil dengan Tulisan 'Pulang Kampung'

Petugas saat merazia pemudik yang naik mobil dengan tulisan pulang kampung di Jakarta Utara. Foto: Dok. Dishub Jakarta Utara

PikiranSehat.com - Suku Dinas Perhubungan Jakarta Utara menggelar patroli keliling pada Jumat (8/5) malam. Patroli itu untuk mengantisipasi adanya angkutan umum, atau kendaraan yang membawa penumpang, di tengah pemberlakuan larangan mudik yang diterapkan pemerintah.

Dalam patroli tersebut, petugas mendapati 3 jenis kendaraan Isuzu Elf yang hendak membawa penumpang. Kendaraan tersebut tentunya langsung dicek petugas dan diperiksa.
Baca juga:Kemnaker Miliki 2 Program Reguler bagi Pekerja yang Terkena PHK
Menariknya, di salah satu kendaraan tersebut, tertempel satu kertas dengan tulisan. Mikrobus tersebut tertulis membawa penumpang pulang kampung, bukan pemudik.
Petugas merazia mobil dengan tulisan pulang kampung di Jakarta Utara. Foto: Dok. Dishub Jakarta Utara

"Kendaraan khusus membawa penumpang nelayan/ABK kapal pulang kampung bukan pemudik. Sesuai instruksi Bapak Presiden RI," jelas tulisan yang tertempel di depan kaca mobil.


Padahal, Kementerian Perhubungan sudah menerbitkan Permenhub Nomor 25 Tahun 2020. Aturan tersebut mengatur tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 H.



View this post on Instagram

Jumat Malam, 08 Mei 2020 . Giat Mobile lingkar wilayah SudinHub Jakarta Utara terkait antisipasi adanya Angkutan Umum jenis Travel yang membawa penumpang mudik saat pemberlakuan larangan mudik diberlakukan untuk menekan penyebaran Corona Virus Disaese (Covid-19) . Ditemukan sebanyak tiga kendaraan jenis Isuzu Elf yang menerima order penumpang ABK Kapal untuk mudik pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) . Untuk Pengemudi Angkutan umum dihimbau untuk tidak beroperasi membawa penumpang mudik karena sesuai dengan PermenHub No. 25 Tahun 2020 terkait Transportasi & Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19. Dan untuk penumpang diarahkan untuk kembali ke tempat asal dan jangan melakukan perjalanan mudik demi kesehatan bersama . Lokasi : Jl. Muara Baru Raya Kec. Penjaringan Jakarta Utara . . . @dishubdkijakarta @dalops_dishubdkijakarta @pengawasan.dalops @kominfotik_ju @walikota_jakut @alimaulanahakim @simanjuntakharlem @pras.agus.754 #dishubutara #dishubdki #justinfo #dkijakarta #dkiinformasi #psbb #laranganmudik
A post shared by Sudin Perhubungan Jakut (@sudinhubju) on
Kejadian itu dikehtaui terjadi di Jalan Muara Baru Raya, Penjaringan, Jakarta Utara.

Dalam akun instagramnya, Dishub Jakarta Utara @sudinhubju mengingatkan di masa PSBB, masyarakat dilarang bepergian, apalagi mudik.

"Untuk Pengemudi Angkutan umum dihimbau untuk tidak beroperasi membawa penumpang mudik karena sesuai dengan Permenhub No. 25 Tahun 2020 terkait Transportasi & Pencegahan Penyebaran Virus COVID-19," tulisnya.

"Dan untuk penumpang diarahkan untuk kembali ke tempat asal dan jangan melakukan perjalanan mudik demi kesehatan bersama," lanjutnya.