INFO VIRUS CORONA

Viral Takmir Hendak Bongkar Masjid di Banyumas karena Imbauan Ibadah di Rumah

Ilustrasi Masjid. Foto: AFP

PikiranSehat.com - Jagat maya dihebohkan dengan adanya surat dari takmir masjid Almubarok di Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah yang kesal dengan imbauan pemerintah mengharuskan ibadah di rumah akibat pandemi corona.

Musababnya, masjid jadi sepi. Takmir dalam surat itu kemudian mengancam akan membongkar dan merobohkan masjid bersama jemaah dan juga warga setempat.
Baca juga:Terawan Tetapkan Insentif Corona: Dokter Rp 15 Juta, Perawat Rp 7,5 Juta
"Karena sudah tidak dibutuhkan lagi adanya masjid di lingkungan kami. Semua aktivitas ibadah sudah dilakukan di rumah masing-masing," demikian kutipan singkat isi surat itu.

Menanggapi adanya surat itu, Bupati Banyumas Achmad Husein buka suara. Husein sebelumnya kaget ada surat itu dari takmir masjid di salah satu kecamatan di Banyumas.

Viral takmir di Banyumas hendak bongkar masjid karena corona. Foto: Dok. Istimewa

"Saya kaget ada masjid mau dirobohkan. Mungkin kecewa. Kita meminta semua tempat ibadah, bukan hanya masjid. Tapi seluruh agama untuk ibadah di rumah, sesuai instruksi Pak Presiden, Pak Menag dan MUI," ujar Husein, kepada wartawan, Jumat (1/5).

Husein mengaku sudah menghubungi takmir masjid itu. Namun, dia tak menjelaskan apa isi dari penyelesaian surat ancaman bongkar masjid itu.

"Kami hanya menjalankan tugas dan mengimbau. Itu kan untuk kepentingan masyarkat sendiri," ujar Husein.