INFO VIRUS CORONA

Tips Sederhana Menanam Jeruk di Pekarangan Rumah


Pikiran Sehat -
Menanam jeruk ternyata bisa dilakukan di pekarangan rumah. Mungkin bisa jadi alternatif kegiatan mengisi waktu senggang dan hari libur. Bisa juga jadi pilihan memulai hobi berkebun dengan menanam jeruk.

Seperti diketahui, buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Beragam jenis buah jeruk, dari buah jeruk untuk konsumsi langsung, untuk dijadikan minuman segar, sampai buah jeruk yang dijadikan penyedap masakan.

Mengingat manfaat serba guna buah jeruk, dengan kandungan yang baik bagi kesehatan, untuk itu ada baiknya jika buah jeruk menjadi tanaman wajib yang ada disekitar rumah.

Baca juga: BACAAN KHUSUS BUAT SUAMI AGAR ISTRI SEMAKIN CANTIK MEMPESONA

Berikut ini adalah langkah singkat menanam jeruk mulai penanaman hingga panen. Tips ini diambil dari akun Twitter Kementerian Pertanian RI @kementan.

Lokasi Penanaman

Budidaya jeruk bisa dilakukan di dataran rendah. Ada berbagai jenis jeruk yang bisa dipilih. Di antaranya jeruk jenis pamelo magetan, pamelo nambangan, jeruk nipis, siam pontianak, keprok madura dan jenis jeruk yang lainnya.

Pemilihan bibit

Memilih bibit yang bagus menjadi modal dasar tanaman jeruk seperti apa ke depannya. Pilihlah bibit dengan varietas yang memiliki daya tahan bagus. Cirinya berdaun lebat dan cerah. Batang kuat dan berakar serabut yang banyak.

Media tanam

Setiap tanaman membutuhkan cahaya matahari. Jeruk tumbuh optimal di lahan terbuka dengan cahaya matahari optimal. Media tanam berupa tanah, pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:2:1.

Perawatan

Jeruk memerlukan kecukupan air saat masa pertumbuhan. Semakin besar ukuran tumbuhan atau semakin kasar tekstur tanah banyak air yang diperlukan.

Panen

Panen buah jeruk akan optimal saat tanaman mencapai umur 8 bulan. (SUARA)