INFO VIRUS CORONA

Ada sekitar 4.200 Agama Didunia tapi Cuma 7 Agama Ini yang Terbesar pemeluknya


 Halo gan/sis kembali lagi dengan thread ane yang menyuguhkan berita-berita yang bombastis didunia ini. Nah kali ini ane mau membahas, eh bukan membahas tapi lebih tempat nya memberi informasi ternyata ada banyak kepercayaan-kepercayan di dunia ini yang tidak kita ketahui, ada sekitarnya 4.200 agama didunia ini dan belum termasuk aliran-aliran nya. Hm.. banyak banget yak. Dimana Agama yang pertama dicatat dalam sejarah duniadan hampir punah adalah Zoroastrianisme .

Nah dari sini kita tahu ternyata ketika kita melihat dengan kaca mata luas dunia ini beragam entah itu dari budaya dan keyakinan itu sendiri. Dan di antara 4.200 Cuma 7 keyakinan/agama ini yang paling banyak pemeluk nya, apa saja? cekidot:

1. Kristiani/Kristen


Urutan yang pertama adalah Kristen, pemeluk keyakinan ini di perkiraan ada sekitar 2.3 miliar orang didunia, itu pun terbagi dalam banyak aliran salah satu nya Kristen ortodok.

Ngomong-ngomong tentang Kristen ortodok, mereka tu juga mengunakan jilbab, jadi jika ente melihat nasrani dengan mengunakan jilbab jangan heran gan/sis mereka berarti Kristen ortodok, dan kebanyakan berada di rusia. Figure utama dalam agama ini adalah nabi isa/yesus. Agama ini juga sudah ada sejak tahun 27 M (masehi). Buku pendomanya disebut injil.

Baca juga: Produk Prancis Diboikot, Dewi Tanjung PDIP: Apa Hubungannya sih?

2. Islam

Urutan no dua adalah muslim, dimana pengikut nya sekitar 1.6 miliar di dunia, dan paling banyak ada di timur tengah. Muslim sendiri juga memiliki banyak aliran seperti contoh nya yang kita kenal di Indonesia ada NU sama muhamadiyah. Figure dari muslim sendiri ada nabi muhamad. Muslim sendiri sudah ada sejak 610 M( masehi), dan buku pedoman nya adalah alquran.

3. Hindu

Yang ketiga ada hindu, dimana memiliki pengikut setidak 1 miliar di dunia dan mayoritas berada di india dan di asia selatan. Kalu di Indonesia sudah pasti kita tahu dimana yaitu di bali. Dan salah yang menarik dari hindu ini adalah tidak ada yang tahu pencipta nya. keyakinan ini sudah ada sejak 500–200 SM, kitab nya disebut weda. Untuk tuhan umat hindu sendiri dikenal dengan trimurti( brahma, wisnu dan siwa)


4. Budha

Ururan ke tiga ada budha, dimana orang yang memeluk agama ini ada sekitara 520 juta di dunia. Pemeluk agama budah mayoritas berada di sri langka dan asia tenggara. Agama Buddha lahir di india kuno sebagai suatu tradisi sramana ekitar antara abad ke-6 dan 4 SM. Dan figure utama dari agama ini adalah Siddhārtha Gautama. Kitab agama hindu adalah Tipitaka.

5. Sikhisme

Yang ke lima ada sikhisme, mungkin dari kalian masih mendegar baru tentang keyakinan ini. yang mana pemeluk keyakinan ini sekitar 30 juta di seluruh dunia. Agama ini berkembang terutamanya pada abad ke 16 dan 17 di india. Tapi sudah ada sejak 1469-1539 SM.

Kebanyakan pemeluk ini berada di asia tengara. Indonesia juga termasuk lo gan/sis tapi belum diakui, jadi  KTP untuk pemeluk keyakinan ini yang tulisan agama tu kosong. jadi mereka agak sulit buat mengakses karena di padang tidak punya keyakinan, ane respect ama toleransi umat beragama. Kitab agama ini adalah Guru Granth Sahib. Dan figure untuk agama ini adalah Guru Nanak.

6. yudaisme/yahudi

Judaime memliki pengikut terbanyak setelah sikhisme dengan jumlah pengikut sekitar 14,5 sampai 17,4 juta jiwa di dunia. Agama ini adalah agama asli bangsa yahudi. Dan tidak sembarangan orang bisa memeluk agama ini gan/sis, karena agama ini tu Cuma bisa di peluk oleh keturaunan asli dari bangsa yahudi itu sendiri dengan kata lain turun temurun. Kitab untuk agama ini adalah kitab taurat. Didirikan oleh Abraham.

7. Baha’i

Yang terkhir adalah baha’I, mungkin ente juga belum pernah mendengar agama ini, penganut nya sekitar 8juta di seluruh.  Agama Bahá'í lahir di persia (sekarang Iran) pada tahun 1863. Pendirinya bernama Mírzá Ḥusayn-`Alí Núrí.

Nah ane bikin thread ini cuma buat wawasan aja, jadi jika ente ngelihat atau tahu agama lain, biar gak heran aja ente, karena di dunia ini tu ada ribuan agama yang ada. salam toleransi umat beragama dalam sila pertama pancasila


Sumber: https://www.kaskus.co.id/thread/5fa683158d9b17101d6c2560/?ref=profile&med=thread