INFO VIRUS CORONA

Agar 95 Persen Selamat dalam Kecelakaan Pesawat, Berikut 6 Hal yang Penting Dilakukan

Ilustrasi di dalam pesawat. /Unsplash/neonbrand

PikiranSehat.com -
Dewan Keselamatan Transportasi Nasional Amerika Serikat (AS) menyatakan kecelakaan  pesawat memiliki tingkat survivabilitas (selamat) sebesar 95,7 persen.

Akan tetapi tidak semua dari penumpang pesawat terlatih untuk menyelamatkan diri dari kecelakaan pesawat.

Namun, ada hal-hal tertentu yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan peluang selamat dari kecelakaan pesawat.

Dikutip dari Business Insider, berikut ini 6 hal yang penting dilakukan agar tingkatkan peluang selamat dari kecelakaan pesawat

1. Berpakaian dengan Benar

Memakai celana jins dan lengan baju yang panjang dan nyaman dapat melindungi anggota tubuh dari benda tajam dan api.

Anda dapat meningkatkan peluang selamat dari kebakaran pesawat dengan mengenakan pakaian yang terbuat dari bahan katun atau bahan alami lainnya.

Bahan-bahan itu tak mudah terbakar seperi benda sintetis. Anda juga dapat memakai sepatu bot ataupun sepatu lain yang lebih nyaman digunakan saat bergerak cepat.

2. Pilih tempat duduk di tengah di bagian belakang pesawat

Secara resmi, Federal Aviation Administration (FAA) mengatakan bahwa tidak ada kursi di pesawat yang lebih aman daripada yang lain, tetapi statistik tidak setuju dengan hal itu.

Pada 2015, Time mempelajari kecelakaan pesawat dari 35 tahun sebelumnya. Ditemukan bahwa kursi di sepertiga belakang pesawat memiliki tingkat kematian 32 persen, dibandingkan dengan 39 persen di tengah dan 38 persen di depan.

Jika Anda mempersempitnya lebih jauh, kursi tengah di belakang memiliki peluang terbaik untuk bertahan hidup, dan kursi lorong di tengah pesawat adalah yang terburuk.

3. Aturan lima baris

Analisis yang dilakukan oleh profesor Universitas Greenwich Ed Galea menemukan bahwa duduk dalam lima baris pintu keluar darurat akan secara drastis meningkatkan peluang bertahan hidup.

Galea menganalisis grafik tempat duduk dari lebih dari 100 kecelakaan pesawat, mereka juga mewawancarai 1.900 penumpang dan 155 anggota awak.

Galea menemukan bahwa sebagian besar korban hanya perlu bergerak lima baris atau kurang sebelum melarikan diri dari pesawat. Lebih dari itu, peluang untuk bertahan hidup menurun.

4. Letakkan tas di bawah kursi

Kaki patah sangat umum terjadi pada kecelakaan pesawat. Untuk itu melindungi kaki sangat penting agar dapat dengan cepat evakuasi diri.

Anda menempatkan barang bawaan kecil atau tas  di bawah kursi sehingga ketika pesawat tergelincir dapat menggunakan tas untuk menghalangi terjadinya benturan.

5.Perhatikan presentasi keselamatan yang diberikan pramugari

Badan Keselamatan Transportasi Nasional AS mensurvei hampir 500 penumpang yang terlibat dalam evakuasi pesawat antara tahun 1997 dan 1999.

Mereka menemukan kurang dari 50 persen penumpang memperhatikan presentasi keselamatan oleh pramugari. Bahkan ada juga penumpang yang sama sekali tidak memperhatikan.

6. Persiapkan terjadi benturan.

Untuk mempersiapkan terjadi benturan, Anda dapat  mencondongkan tubuh ke depan dan dekatkan kepala ke kursi yang ada di depan.

Cara ini penting untuk menjaga agar tidak terjadi benturan keras dan menghindarinya.***