INFO VIRUS CORONA

Banyak yang Tanya Ibu Negara Iriana Jarang Muncul, Ini Jawaban Istana

Jokowi bersama Iriana berfoto bersama. (Suara.com/Ummi Hadyah Saleh)

PikiranSehat.com -
Sosok Ibu Negara, Iriana Joko Widodo atau Jokowi dipertanyakan segelintir orang karena tidak terlihat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Negara Bey Machmudin menegaskan tidak ada alasan khusus mengapa Jokowi tidak didampingi Iriana. Dia menjelaskan, jika agenda yang dijalankan Jokowi beberapa waktu lalu tidak perlu pendampingan Ibu Negara.

Karena itu, ia membantah dengan anggapan kalau Iriana sudah jarang mendampingi Jokowi. 

"Bukannya jarang mendampingi, tapi memang selama ini acara Bapak Presiden tidak perlu didampingi Ibu Negara, jadi tidak ada alasan khusus," tutur Bey kepada wartawan, Sabtu (16/1/2021). 

Bey kemudian menjelaskan, Iriana kerap mendampingi Jokowi di beberapa acara seperti peringatan Hari Kemerdekaan di Istana Merdeka ataupun saat menerima Perdana Menteri Jepang di Istana Bogor.  Di samping itu, Iriana juga sering menghadiri acara-acara yang digelar secara virtual.

"Ibu Negara juga sering hadir di acara virtual, yang diselenggarakan bekerjasama dengan OASE KIM," tuturnya. 

Sosok Iriana juga tidak muncul saat Jokowi menjalankan program vaksinasi di Istana Negara pada Rabu (13/1/2021). Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan bahwa program vaksinasi perdana hanya akan dilakukan Jokowi bersama dengan beragam lapisan masyarakat.

"Pak presiden saja dengan berbagai lapisan unsur masyarakat ada perawat, ada perwakilan tokoh agama, ada perwakilan pengusaha dan tentu masyarakat pedagang," kata Heru melalui keterangan, Rabu (13/1/2021).